Monday 23 April 2018

KISI-KISI SOAL MANAJEMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN


KISI-KISI SOAL
SMK xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
TAHUN PELAJARAN 2014/20

Mata Pelajaran                            :       Manajemen Administrasi Perkantoran
Tingkat/Semester                        :       X/ Gasal
Program Keahlian                       :       Administrasi Perkantoran

No
Kompetensi Dasar 
Jml Soal
Uraian Materi
Tk/ Sem
Pembelajaran
No. Soal
Bentuk Soal
Jenis Test
Bobot Soal
1
3.1.     Menjelaskan paradigma dan filosofi administrasi perkantoran
4.1    Mengevaluasi paradigma dan filosofi administrasi perkantoran untuk memecahkan masalah yang terjadi sehari-hari


Hakikat Administrasi Perkantoran
·         Pengertian kantor dan administrasi perkantoran
·         Unsur-unsur Administrasi Perkantoran
·         Ruang lingkup administrasi perkantoran
·    Tujuan administrasi perkantoran
XI/I
 Mengamati
Mengamati aktivitas administrasi di sekolah/kantor terdekat sebagai bentuk keteraturan atas kebesaran Tuhan yang menciptakannya.

Menanya
Memberikan kesempatan peserta dididk menanyakan hal yang berkaitan dengan kegiatan administrasi perkantoran

Eksperimen/explore
Mencari informasi mengenai paradigma dan filosofis administrasi perkantoran.

Asosiasi
Menghubungkan paradigma dan filosofi administrasi perkantoran dengan perilaku efektif dan efisien

Komunikasi
·    Mempresentasikan bahan presentasi yang telah dibuat.
1,3,5,6,7,13






1

PG






Essay
Teori
SD






MD
2
3.2.     Menguraikan karakteristik administrasi perkantoran
4.2. Mengevaluasi berbagai karakteristik administrasi perkantoran


Karatreristik administrasi Perkantoran
·         Bersifat pelayanan
·         Bersifat terbuka dan luas
·         Dilaksanakan oleh Semua Pihak dalam Organisasi


Mengamati
Mengamati dokumen mengenai karakteristik dan asas-asas administrasi perkantoran dari berbagai sumber.

Menanya
Mendiskusikan masalah terkait karakteristik dan evaluasi administrasi perkantoran serta bagaimana penerapannya dalam organisasi kantor

Eksperimen/explore
Mengidentifikasi ciri-ciri administrasi perkantoran yang baik dan melakukan evaluasi terhadap karakteristik administrasi perkantoran.

Asosiasi
Mengkaitkan hubungan antara karakteristik administrasi perkantoran dengan evaluasi  administrasi  perkantoran dan penerapannya
Membuat kesimpulan mengenai karakteristik dan evaluasi administrasi perkantoran, hubungan kedua aspek tersebut, dan penerapannya dalam organisasi perkantoran

Komunikasi
·    Menyampaikan secara individu atau kelompok hasil kesimpulan mengenai karakteristik dan evaluasi administrasi perkantoran, azas-azas manajemen perkantoran, hubungan ketiga aspek tersebut, dan penerapannya dalam organisasi perkan
4,14,16



5

PG



Essay

Teori
SD



SD
3
3.3   Memahami azas-azas manajemen perkantoran

4.3. Menggunakan azas-azas manajemen perkantoran untuk memecahkan masalah manajemen


Azas-azas manajemen perkantoran
·         Asas sentralisasi
·         Asas Desentralisasi
·         Asas Dekonsentralisasi (Gabungan)
Penggunaan Azas-azas manajemen perkantoran dalam kehidupan sehari-hari

X/1
Mengamati
Mengamati aktivitas di kantor  atau sekolah tentang penggunaan asas-asas manajemen perkantoran.
Amati mengapa kantor tersebut menerapkan asas sentralisasi, desentralisasi atau gabungan
Meyakini bahwa memimpin dan dipimpin merupakan pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh

Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengan asas-asas manajemen perkantoran untuk memecahkan masalah manajemen

Eksperimen/explore
Memberikan contoh tentang penggunaan asas-asas manajemen perkantoran di kantor dekat lingkungan sekolah

Asosiasi
Mengaplikasikan sikap dan prilaku efektif dan efisien dalam aktivitas di kelas. Khususnya dalam penerapan asas-asas manajemen perkantoran

Komunikasi
Mempresentasikan hasil observasi tentang asas-asas manajemen perkantotan yang digunakan di kantor.
8,17,18,19








2
PG








Essay
Teori
MD








SD
4
3.4.       Menguraikan Pekerjaan kantor
4.4  Menyusun
      pekerjaan kantor

Jenis-jenis pekerjaan kantor
·         Menghimpun
·         Mencatat
·         Mengolah
·         Menggandakan
·         Mengirim
·         Menyimpan
·         Melakuan Komunikasi
·         Menghitung, dan
·         Pekerjaan lainnya

Ciri-ciri pekerjaan kantor
·         Bersifat Pelayanan
·         Merembes Segenap
·         Dilakukan Semua Pihak

Mengamati
Mengamati aktivitas di bank, kantor pos, atau perkantoran lain di sekitar sekolah.  Siapa saja yang terlibat dalam aktivitas tersebut dan apa yang dilakukannya? untuk meyakini bahwa bekerja merupakan pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh

Menanya
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan jenis-jenis dan ciri-ciri pekerjaan adminstrasi kantor

Eksperimen/explore
Membuat alur prosedur administrasi berdasarkan hasil pengamatan di bank, kantor pos, atau perkantoran lain di sekitar sekolah. 

Asosiasi
Mengaplikasikan sikap dan prilaku efektif dan efisien dalam aktivitas di kelas atau di kantor.

Komunikasi
Mempresentasikan hasil observasi terhadap jenis dan ciri pekerjaan kantor yang dibuat
9,10,11,12,
15,
20,21,24





4
PG






Essay

Teori
SD






SD
5
3.5.       Mengidentifikasi struktur organisasi dan jabatan di bidang administrasi perkantoran

4.5  Membuat Struktur organisasi kantor

Organisasi kantor
·         Prinsip-prinsip organisasi kantor
·         Bentuk-bentuk Organisasi kantor
·         Bagan/Struktur organisasi kantor
·         Uraian Tugas

X/1
Mengamati
Mengamati berbagai bentuk struktur organisasi di lingkungan sekitar sekolah dan menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan segala sesuatu itu teratur.
Menanya
Mendiskusikan bentuk-bentuk struktur organisasi di lingkungan sekitar sekolah dan hubungannya dengan bentuk organisasi dan jabatan dalam organisasi, serta dampaknya dalam kehidupan masyarakat
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi bentuk-bentuk struktur organsiasi dan hubungannya dengan jabatan berdasarkan hasil pengamatan
Asosiasi
Mengaitkan hubungan jabatan dalam organisasi dengan struktur organisasi dan aplikasinya pada struktur organisasi di kelas/sekolah.
Membuat struktur organisasi kelas/sekolah/kantor sesuai dengan kajian kelompok.
Komunikasi
Mempresentasikan struktur organisasi kelas/sekolah/kantor  sesuai dengan kajian kelompok
2,22, 23,25




3
PG




Essay
Teori
SD




SKR


1. b                  6. b                  11. b                16. b                21. d
2. d                  7. d                  12.  b               17. d                22. b
3. d                  8. a                  13. c                18. a                23. d
4. b                  9. c                  14. a                19. d                24. c
5. a                  10.a                 15. e                20. a                25. b





No comments:

Post a Comment