KISI-KISI SOAL
SMK xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
TAHUN PELAJARAN 2014/20
Mata Pelajaran :
Manajemen Administrasi Perkantoran
Tingkat/Semester :
X/ Gasal
Program Keahlian :
Administrasi Perkantoran
No
|
Kompetensi Dasar
|
Jml Soal
|
Uraian Materi
|
Tk/ Sem
|
Pembelajaran
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
Jenis Test
|
Bobot Soal
|
1
|
3.1. Menjelaskan paradigma dan filosofi administrasi perkantoran
4.1 Mengevaluasi paradigma dan filosofi
administrasi perkantoran untuk memecahkan masalah yang terjadi sehari-hari
|
|
Hakikat
Administrasi Perkantoran
·
Pengertian
kantor dan administrasi perkantoran
·
Unsur-unsur
Administrasi Perkantoran
·
Ruang
lingkup administrasi perkantoran
· Tujuan administrasi perkantoran
|
XI/I
|
Mengamati
Mengamati
aktivitas administrasi di sekolah/kantor terdekat sebagai bentuk keteraturan
atas kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
Menanya
Memberikan
kesempatan peserta dididk menanyakan hal yang berkaitan
dengan kegiatan administrasi perkantoran
Eksperimen/explore
Mencari
informasi mengenai paradigma dan filosofis administrasi perkantoran.
Asosiasi
Menghubungkan
paradigma dan filosofi administrasi perkantoran dengan perilaku efektif dan efisien
Komunikasi
· Mempresentasikan bahan
presentasi yang telah dibuat.
|
1,3,5,6,7,13
1
|
PG
Essay
|
Teori
|
SD
MD
|
2
|
3.2. Menguraikan karakteristik administrasi perkantoran
4.2.
Mengevaluasi
berbagai karakteristik administrasi perkantoran
|
|
Karatreristik administrasi Perkantoran
·
Bersifat
pelayanan
·
Bersifat
terbuka dan luas
·
Dilaksanakan
oleh Semua Pihak dalam Organisasi
|
|
Mengamati
Mengamati
dokumen mengenai karakteristik dan asas-asas administrasi perkantoran dari
berbagai sumber.
Menanya
Mendiskusikan
masalah terkait karakteristik dan evaluasi administrasi
perkantoran serta bagaimana penerapannya dalam
organisasi kantor
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi
ciri-ciri administrasi
perkantoran yang baik dan melakukan evaluasi terhadap karakteristik administrasi perkantoran.
Asosiasi
Mengkaitkan hubungan antara karakteristik administrasi
perkantoran dengan evaluasi administrasi perkantoran dan penerapannya
Membuat
kesimpulan mengenai karakteristik dan evaluasi administrasi perkantoran,
hubungan kedua aspek tersebut, dan
penerapannya dalam organisasi perkantoran
Komunikasi
· Menyampaikan secara individu
atau kelompok hasil kesimpulan mengenai karakteristik dan evaluasi
administrasi perkantoran, azas-azas manajemen perkantoran, hubungan ketiga
aspek tersebut, dan penerapannya dalam organisasi perkan
|
4,14,16
5
|
PG
Essay
|
Teori
|
SD
SD
|
3
|
3.3 Memahami azas-azas manajemen perkantoran
4.3. Menggunakan azas-azas manajemen perkantoran untuk memecahkan
masalah manajemen
|
|
Azas-azas
manajemen perkantoran
·
Asas
sentralisasi
·
Asas
Desentralisasi
·
Asas
Dekonsentralisasi (Gabungan)
Penggunaan Azas-azas manajemen
perkantoran dalam kehidupan sehari-hari
|
X/1
|
Mengamati
Mengamati
aktivitas di kantor atau sekolah tentang penggunaan asas-asas manajemen
perkantoran.
Amati mengapa
kantor tersebut menerapkan asas sentralisasi, desentralisasi atau gabungan
Meyakini bahwa memimpin dan dipimpin merupakan pengamalan perintah
Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh
Menanya
Memberikan
kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan
dengan asas-asas manajemen perkantoran
untuk memecahkan masalah manajemen
Eksperimen/explore
Memberikan contoh tentang penggunaan
asas-asas manajemen perkantoran di kantor dekat lingkungan sekolah
Asosiasi
Mengaplikasikan
sikap dan prilaku efektif dan efisien dalam aktivitas di kelas. Khususnya dalam penerapan asas-asas
manajemen perkantoran
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil observasi tentang
asas-asas manajemen perkantotan yang digunakan di kantor.
|
8,17,18,19
2
|
PG
Essay
|
Teori
|
MD
SD
|
4
|
3.4. Menguraikan Pekerjaan kantor
4.4 Menyusun
pekerjaan
kantor
|
|
Jenis-jenis pekerjaan kantor
·
Menghimpun
·
Mencatat
·
Mengolah
·
Menggandakan
·
Mengirim
·
Menyimpan
·
Melakuan
Komunikasi
·
Menghitung,
dan
·
Pekerjaan
lainnya
Ciri-ciri pekerjaan kantor
·
Bersifat
Pelayanan
·
Merembes
Segenap
·
Dilakukan
Semua Pihak
|
|
Mengamati
Mengamati
aktivitas di bank, kantor pos, atau perkantoran lain di sekitar sekolah. Siapa saja yang terlibat dalam aktivitas
tersebut dan apa yang dilakukannya? untuk meyakini bahwa bekerja merupakan
pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh
Menanya
Memberikan
kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan jenis-jenis dan
ciri-ciri pekerjaan adminstrasi kantor
Eksperimen/explore
Membuat
alur prosedur administrasi berdasarkan hasil pengamatan di bank, kantor pos,
atau perkantoran lain di sekitar sekolah.
Asosiasi
Mengaplikasikan
sikap dan prilaku efektif dan efisien dalam aktivitas di kelas atau di kantor.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil observasi terhadap
jenis dan ciri pekerjaan kantor yang dibuat
|
9,10,11,12,
15,
20,21,24
4
|
PG
Essay
|
Teori
|
SD
SD
|
5
|
3.5. Mengidentifikasi struktur
organisasi dan jabatan di bidang administrasi perkantoran
4.5 Membuat Struktur organisasi kantor
|
|
Organisasi kantor
·
Prinsip-prinsip
organisasi kantor
·
Bentuk-bentuk
Organisasi kantor
·
Bagan/Struktur
organisasi kantor
·
Uraian
Tugas
|
X/1
|
Mengamati
Mengamati berbagai bentuk struktur organisasi di
lingkungan sekitar sekolah dan
menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan segala sesuatu itu teratur.
Menanya
Mendiskusikan bentuk-bentuk struktur organisasi di
lingkungan sekitar sekolah dan hubungannya dengan bentuk organisasi dan
jabatan dalam organisasi, serta dampaknya dalam kehidupan masyarakat
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi bentuk-bentuk struktur organsiasi dan
hubungannya dengan jabatan berdasarkan hasil pengamatan
Asosiasi
Mengaitkan
hubungan jabatan dalam organisasi dengan struktur organisasi dan aplikasinya
pada struktur organisasi di kelas/sekolah.
Membuat struktur organisasi kelas/sekolah/kantor
sesuai dengan
kajian kelompok.
Komunikasi
Mempresentasikan
struktur organisasi kelas/sekolah/kantor sesuai dengan kajian kelompok
|
2,22,
23,25
3
|
PG
Essay
|
Teori
|
SD
SKR
|
1. b 6. b 11. b 16.
b 21. d
2. d 7.
d 12. b 17.
d 22. b
3. d 8. a 13. c 18.
a 23. d
4. b 9.
c 14. a 19. d 24. c
5. a 10.a
15. e 20. a 25. b
No comments:
Post a Comment