Monday 23 April 2018

SOAL UAS MANAJEMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X


ULANGAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 201.. / 201..

Mata Pelajaran   : Manajemen Administrasi Perkantoran                       Hari/Tanggal    :
Kelas                  : X                                                                                 Waktu              :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PETUNJUK UMUM.

1.    Jawaban dikerjakan pada lembar jawaban yang telah disediakan.
2.    Sebelum mengerjakan soal-soal tulislah terlebih dahulu pada lembar jawaban: nomor, nama, dan kelas   pada tempat yang telah disediakan.
3.     Pilihlah jawaban yang tepat dan benar, dan beri tanda silang ( X ) pada huruf  (a, b, c, d, dan e).
4.    Jika terjadi kesalahan memilih jawaban, maka coret tanda silang ( X ) dengan dua garis lurus mendatar ( = ) pada jawaban yang dianggap salah, kemudian berikan tanda silang ( X ) pada jawaban yang dianggap benar.
5.     Memberi tanda silang ( X ) pada dua pilihan, dianggap salah.
6.    Berdo’alah sebelum bekerja.  

I.     PILIHAN GANDA

1.    Pengertian dari manajemen kantor  adalah....
a.    Tempat dari proses penanganan informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah, meminjam, sampai menyalurkan/mendistribusikan informasi.
b.    Rangkaian  kegiatan merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan, mengawasi (melakukan kontrol), serta menyelenggarakan secara tertib berbagai pekerjaan perkantoran atau pekerjaan ketatausahaan.
c.    Proses pencatatan yang dilakukan suatu organisasi untuk mencari keuntungan
d.    Pekerjaan kantor dilakukan untuk membantu orang-orang lain dalam pekerjaannya secara lebih efektif.
e.    Jawaban b dan d benar

2.    Kegiatan memastikan bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan berjalan sesuai dengan harapan atau target adalah kegiatan yang berhubungan dengan....
a.    Organisasi garis/lini                    d. Organisasi  Fungsional                     d. Organisasi Matrik
b.    Organisasi garis dan staff           e. Organisasi Komite

3.    Suatu kegiatan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara maksimal sesuai dengan target dan sasaran yang telah ditentukan disebut...
a.    Office planning                          d. Office controling                             d. Office actuating
b.    Office organizing                      e. Office management

4.    Seorang petugas PLN mengecek meteran listrik ke setiap rumah. Hal  tersebut merupakan salah satu contoh karakteristik administrasi perkantoran yang bersifat...
a.    Pelayanan                                     c. Dilaksanakan oleh semua pihak                   e. Semua jawaban benar
b.  Terbuka dan luas                           d. Tertutup

5.  Pegawai, material perlengkapan, persyaratan serta metode merupakan faktor-faktor administrasi perkantoran menurut.....
a.           Lebbey                                  d. Millis Geoffrey                                d. H Mac Donald
b. George Terry                               e. Edwin Robinson

6.    Dalam suatu perusahaan seorang atasan memberikan kenaikan pangkat bagi karyawannya yang memiliki prestasi yang bagus. Hal tersebut merupakan salah satu contoh sasaran kegiatan administrasi perkantoran yang mencakup pada.....
a.    Komunikasi                                d. Kepegawaian perkantoran               d. Perbekalan  
b.    Metode                                       e. Warkat            
                    
7.    Dibawah ini yang bukan merupakan ruang lingkup dari administrasi perkantoran adalah...
a. Kegiatan kantor                           c. Fasilitas kantor                                 e. Sarana kerja kantor
b. Fungsi kantor                              d. Jenis-jenis kantor

8.    Pemusatan dari kegiatan kantor pada suatu bagian atau unit tertentu dan diserahkan kepada satu orang yang ahli disebut dengan asas ...
a.  Sentralisasi                                 c. Dekonsentralisasi                             e. Semua jawaban salah
b. Desentralisasi                              d. Dekonstrasi

9.    Kegiatan mengerjakan keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang lebih berguna, disebut ...
a. Mengumpulkan                           c. Mengolah                                         e. Mencatat
b. Menghitung                                 d. Menggandakan

10.      Suatu bentuk penyampaian informasi data atau berita baik secara lisan maupun tertulis disebut dengan...
a. Laporan                                       c. Surat                                                  e. memo
b. Formulir                                      d. Arsip

11.      Laporan yang dibuat secara periodik atau rutin dalam jangka waktu tertentu...
a. Laporan  analisa                          c. Laporan visual                                 e. Laporan  lisan
b. laporan berkala                           d. Laporan  insidential

12.   Foto kopi, mencetak informasi dengan printer atau risograph merupakan contoh dari jenis pekerjaan
 kantor.......
a. Mencatat                                     c. Mengolah                                         e. Menghitung
b. Menggandakan                            d. Mengumpulkan

13.   Untuk memberi keterangan yang lengkap agar terlaksana secara efisien merupakan salah satu dari...
a. Karakteristik administrasi perkantoran               d.Ciri  administrasi perkantoran          
b. Asas administrasi perkantoran                            e. Pengertian administrasi perkantoran
c. Tujuan administrasi perkantoran

14.  Bagian produksi terbantu untuk memperbaiki pelayanan dan menentukan biaya-biaya yang lebih   rendah termasuk karakteristik yang bersifat...
a.  Pelayanan                       b. Terbuka       c. Tertutup       d. Dilaksanakan semua pihak  e.Semua salah

15.  Menurut George R. Terry, persentase pekerjaan kantor untuk menunjang tugas utama  perusahaan 
 kecuali ..............
a. Cheking               b. Typing         c. Filling           d. calculating               e. Actuating 
               
16. Pekerjaan kantor dapat dilakukan dimana saja tidak hanya dilakukan di dalam kantor hal tersebut merupakan arti dari  karakteristik yang bersifat ....... 
a. Pelayanan                        b. Terbuka dan luas     c. Tertutup       d. a dan b salah                 e. Semua benar        
   
17. Pelaksanaan semua kegiatan atau pelayanan dalam bidang tata usaha di setiap unit dalam organisasi diurus sendiri oleh masing-masing unit bersangkutan termasuk asas....
a. Sentralisasi                                              c. Gabungan                            e. Semua jawaban salah
b. Dekonsentralisasi                                    d.Desentralisasi

18. Seorang manajer dibantu oleh seorang sekertaris dalam  melakukan pekerjaan kantor. Hal tersebut merupakan contoh dari asas ......
a. Sentralisasi                                   c. Dekonsentralisasi                 e. Campuran
b. Desentralisasi                              d. Gabungan

19.Pengisian jurnal kelas, dapat dilakukan oleh siswa lain selain sekretaris kelas merupakan contoh karakteristik.....
a. Pelayanan                                   c. Tertutup                                           e. a dan d benar
b.Terbuka dan luas                         d. Dilaksanakan oleh semua pihak

20.       Sebagai bahan pertanggung jawaban dalam suatu oraganisasi merupakan  salah satu dari fungsi....
a. Laporan               b. Surat                        c. Formulir                   d. Dokumen                 e. Arsip

21.       Dibawah ini yang tidak termasuk laporan yang berdasarkan penyampaian adalah....
a. Laporan tertulis                           c. Laporan Visual                                            e. a dan c benar
b. Laporan lisan                              d. Laporan analisa

22.  Setiap bentuk perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama merupakan pengertian organisasi menurut....
a. George Terry                               c. Edwin Robinson                              e. d. H Mac Donald
b. James D. Mooney                       d. Millis Geoffrey

23.  Penjabaran dari pendelegasian wewenang sebagai tolak ukur dalam  melaksanakan kegiatan kantor dalam prinsip-prinsip organisasi merupakan....
a.  Perumusan tujuan                                   c. Koordinasi                                       e. Kesatuan perintah   
b. Delegasi wewenang                                 d. Rentang kekuasaan 

24.  Susunan yang benar dari kerangka laporan terdiri dari.....
a. Judul, isi dan penutup                             d. Isi, penutup, kesimpulan                 
b. Judul, batang tubuh, kesimpulan             e. Judul,isi kesimpulan
c. pendahuluan,batang tubuh  dan penutup

25.Pelimpahan wewenang yang diberikan untuk melancarkan pekerjaan dalam suatu ograniasi merupakan........
a.  perumusan tujuan                                               c. koordinasi                            e. kesatuan perintah    
b. delegasi wewenang                                             d. rentang kekuasaan


II.  ESSAY
1.  Jelaskan pengertian dari manajemen , kantor dan administrasi perkantoran yang anda ketahui?
2.  Sebutkan dan  jelaskan perbedaan dari  asas-asas manajemen kantor serta berikan contoh?
3.  Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip organisasi secara singkat dari masing-masing prinsip tersebut?
4.  Yang merupakan dari hasil jasa pekerjaan kantor antara lain : Surat, laporan, formulir, arsip dan
      dokumen tertulis lainnya. Sebutkan dan jelaskan 2 jenis laporan yang anda ketahui?
5.  Berikan contoh dari ketiga karakteristik perkantoran  yang sering terjadi dalam kehidupan sehari hari?


                                                                            SEMOGA SUKSES 


No comments:

Post a Comment